English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Cara Pemasangan AC Split

Cara pemasangan AC split dapat anda lakukan bila tool atau alat-alat kerja sudah anda miliki, seperti:
- kunci-kunci perkakas contoh obeng kembang, palu, kunci inggris dan sebagainya.
- flare nut yaitu sebuah alat untuk mengembangkan ujung pipa ac.
- pemotong pipa, yg berfungsi untuk memotong pipa ac.
- bor listrik.
- manifold.
- tabung freon.

Pemasangan AC split yang baru biasanya dilakukan oleh teknisi dari toko AC yg anda beli, tapi bila anda sudah mempunyai teknisi atau ingin pasang sendiri anda bisa membeli unit AC nya saja.pertama-tama yang dilakukan dalam pemasangan AC adalah melihat posisi dimana AC split akan dipasang.
Setelah menentukan posisi AC split yang cocok, buka dus yang berisi indoor unit yang didalamnya terdapat indoor unit, bracket indoor, kabel power supply untuk ke outdoor unit dan remote control.

Dibelakang indoor unit terdapat bracket yang harus anda lepaskan, lalu pasang pada dinding dengan posisi yang anda inginkan.memasang bracket indoor dapat anda lakukan dengan memakunya dengan paku beton atau mengebornya bila ingin menggunakan fisher, posisikan bracket indoor dengan waterpas agar tidak miring kekanan dan kekiri. 



Setelah bracket indoor terpasang, pada bagian mana drat nepel/pipa AC yang keluar pada indoor akan diposisikan?Bila pada bagian kanan bawah dari bracket indoor, anda harus membuat lubang atau membobok temboknya yang diameter bobokannya sesuai dengan selang pembuangan air dan pipa AC yang keluar dari indoor unit. Bila anda tidak ingin membobok tembok anda dapat mengeluarkan drat nepel/pipa AC yang keluar dari indoor melalui sisi kanan atau kiri dari indoor yang sudah disediakan. Setelah bracket indoor terpasang dan bobokannya sudah siap, pasang indoor unit pada bracket dan posisikan drat nepel/pipa AC yang keluar dari indoor unit pada lubang bobokan tembok, setelah indoor terpasang pada bracket lalu dorong keatas dan tarik kebawah agar indoor terkunci dengan bracket.

Biasanya bila anda membeli AC yg merknya bukan changhong, anda tidak akan mendapatkan pipa AC dan bracket outdoornya. Jadi anda harus membeli pipa AC, tergantung berapa meter yang anda butuhkan untuk pemasangan AC nya dan membeli bracket outdoor bila posisi untuk outdoor unit harus diletakan dibawah plafon/digantung pada dinding tembok.

Setelah pemasangan indoor telah selesai dilakukan, beralih ketahap pemasangan pipa instalasi AC. Pipa instalasi AC ini terbuat dari tembaga yang lentur dan mudah dibentuk dalam pelaksanaan pemasangannya, hati-hati jangan sampai ada instalasi pipa AC yang tertekuk/penyok karena dapat menghambat sirkulasi freon yang dapat menyebabkan AC tidak mau dingin/bekerja dengan normal. Instalasi pipa AC harus disesuaikan dengan kapasitas AC/PK nya, bila AC anda 1 PK 0,75 PK atau 0,50 PK berarti harus menggunakan pipa instalasi AC yang berukuran 1/4 dan 3/8. Semakin besar kapasitas AC, semakin besar pula ukuran instalasi pipa AC yang digunakan.

Buka 2 buah mur nepel yang berada pada pipa di indoor unit dengan menggunakan 2 buah kunci inggris, masukan nepel 3/8 pada pipa instalasi AC yang berukuran 3/8 lalu lihat pada ujung pipa instalasi AC, apakah pada diameter pipanya terpotong dengan rata? bila tidak rata lakukan pemotongan dengan pemotong pipa.

Setelah pipa AC terpotong dengan rata masukan pipa instalasi AC pada lubang penjepit flare nut yang berukuran sama dengan pipa AC yang akan kita flareng, ketinggian pipa yang keluar pada ujung bibir flareng kira-kira 0.2 cm.

Setelah pipa instalasi AC berada tepat pada lubang penjepit flareng, pasang pemutar flareng dengan mata flareng yg berbentuk kerucut pada penjepit flareng, lalu putar sampai mengenai pipa instalasi AC agar bisa mengembang.

Lakukan hal yang sama pada pipa instalasi AC yang berukuran 1/4.

Setelah selesai melakukan pengembangan pada pipa instalasi AC dengan flareng, pasang pipa instalasi AC yang sudah dipasang nepel ke drat nepel pipa AC yang keluar dari indoor unit dan sesuaikan, ukuran pipa instalasi AC 3/8 ke 3/8 pada drat nepel indoor unit dan ukuran pipa instalasi AC 1/4 ke 1/4 pada drat nepel indoor unit.

Kencangkan mur nepel kedua-duanya dengan menggunakan 2 buah kunci inggris agar tidak terjadi ruang kebocoran freon.

Setelah dikencangkan mur nepelnya tutup dengan pembungkus pipa/hamaflex, kemudian lilitkan solasi untuk merapatkan pembungkus pipa agar tidak terjadi kondensasi.

Setelah selesai melakukan pemasangan nepel pipa instalasi AC pada drat nepel indoor unit, atur posisi instalasi pipa AC agar kelihatan rapih.

Selanjutnya pemasangan kabel power untuk supply listrik kebagian outdoor unit.

Buka tutup indoor unit, kemudian lihat pada bagian komponen pcb yg terdapat terminal untuk pemasangan kabel power ke bagian outdoor unit biasanya disitu tertulis 1 dan 2 dan N L.

Untuk kabelnya pergunakan sesuai ukuran PK AC nya biasanya standart dari pabrik adalah ukuran 3 X 2.5 untuk ukuran AC 1 PK

Masukan kabel untuk power outdoor unit melalui lubang bobokan pipa AC dan pasang kabel pada terminal yang berada dibagian bawah komponen pcb, kabel warna hitam pada terminal no 1, kabel warna biru pada terminal no 2, dan kabel warna kuning pada ground, kencangkan dengan menggunakan obeng kembang.

Setelah selesai melakukan pemasangan kabel power untuk outdoor unit, kita ketahap pemasangan instalasi pipa ac pada outdoor unit.

Yang harus dilakukan pada tahap ini sama dengan apa yang dilakukan pada tahap pemasangan instalasi pipa AC pada indoor unit, untuk pemasangan kabel power outdoor unit. Buka tutup power suplly outdoor unit yang berada diatas kran valve. Setelah selesai melakukan pemasangan instalasi pipa AC dan pemasangan kabel power supply untuk outdoor unit, tahap berikutnya adalah pengecekan kebocoran diantara 4 buah kembang nepel yg baru kita buat, yaitu 2 kembang nepel pada indoor dan 2 kembang nepel pada outdoor.

Caranya adalah sebagai berikut: pasang selang manifold berwarna biru pada pentil pengisian freon, lalu pasang selang berwarna kuning pada mesin vakum.lalu lakukan pemakuman agar tidak terdapat udara didalam evaporator dan pipa instalasi AC. Vakum yg baik harus mencapai 30′, bila telah selesai divakum jarum pada manifold bergerak keatas, berarti ada ruang kebocoran freon.

Lakukan pemeriksaan kebocoran dengan kuas yang diberi air sabun pada kembang nepel yang berada pada indoor unit dan outdoor unit.

Biasanya ruang kebocoran terjadi karena kembang nepel pecah dan mur nepel kendor/tidak dikencangkan, lakukan flereng ulang pada kembang nepel yang pecah atau kencangkan kembali mur nepel yang kendor.

Bila jarum pada manifold tidak bergerak atau tetap pada angka 30′ berarti tidak terdapat ruang kebocoran, lalu buka mur penutup kran nepel 1/4 dan yg 3/8 dengan menggunakan kunci L , buka sampai kedua kran nepel terbuka penuh. Bila sudah membuka kran nepel tahap selanjutnya adalah menyambungkan aliran listrik pada kabel power supply yang berada pada indoor unit.

Ingat…kabel power yang berwarna coklat harus diposisi + , agar sewaktu AC tidak dioperasikan, dibagian outdoor tidak tersambung langsung dengan aliran listrik +setelah penyambungan power suplly selesai, AC siap dioperasikan.
.
Bila anda tidak mempunyai mesin vakum, pasang selang manifold berwarna biru pada pentil pengisian freon dan pasang selang yang berwarna kuning pada tabung freon. Buka mur nepel ukuran 1/4 pada outdoor unit lalu masukan tekanan freon agar freon dapat mendorong udara keluar melalui mur nepel 1/4 pada outdoor unit.pada saat freon keluar, kencangkan kembali mur nepel 1/4 dan masukan tekanan freon kembali sampai mencapai 100 psi.
Lihat dan perhatikan, bila jarum manifold turun dan tidak lagi menunjukan angka 100 psi, berarti ada ruang kebocoran pada 4 buah kembang nepel yang anda buat.  Cari ruang kebocoran dengan menggunakan kuas yang diberi air sabun bila sudah menemukan ruang kebocoran segera diperbaiki
.
Tapi bila jarum pada manifold tetap menunjukan angka 100 psi, berarti instalasi pipa AC tidak terdapat ruang kebocoran. Segera buang sisa tekanan freon yang berada pada instalasi pipa AC, tapi jangan buang semuanya sisakan sampai 5-10 psi. Setelah itu buka mur penutup kran nepel 1/4 dan 3/8 lalu buka kedua kran valve dengan menggunakan kunci L sampai terbuka penuh dan pasang kembali mur penutup kran valve dengan kencang. Bila sudah membuka kran nepel, tahap selanjutnya adalah penyambungan aliran listrik pada kabel power supply yang berada di indoor unit dan bila sudah melakukan penyambungan listrik pada kabel power supply yang berada pada indoor unit barulah AC anda operasikan.



Semoga info ini bermanfaat untuk sobat soft-solusi semua & sukses terus sobat soft-solusi.

Dari berbagai sumber. 



Dapet Dolar Gampang »
Mau cara gampang dapet dolar? Silahkan klik dan login lalu Surve Tapi Jangan lupa berikan jawaban Anda Maka Anda sudah dapat Dolar..!
--AWSurveys, AWSurveys, AWSurveys, AWSurveys, AWSurveys, AWSurveys--